Home » » Desa wisata Bobung Pengrajin topeng

Desa wisata Bobung Pengrajin topeng

Written By Unknown on Monday, February 25, 2013 | 7:10 PM

Desa ini bisa dikatakan istimewa karena sejak dulu dikenal sebagai desa budaya. Gak salah untuk menyebutnya demikian. Penduduk Dusun Bobun masih melestarikan segala peninggalan budaya nenek moyang mereka.
Desa Wisata Bobung terletak di desa Putat, kecamatan Patuk,kabupaten gunung kidul, provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya sekitar 10 km menuju arah barat kota Wonosari atau sekitar 30 km menuju arah timur Kota Yogyakarta. Daerah ini dikenal sebagai sentra kerajinan batik kayu di Yogyakarta.
Sejarah dari kerajinan batik kayu ini dipercaya oleh masyarakat sekitar dimulai oleh Sunan Kalijaga. Awalnya Kerajinan batik kayu di Bobung berawal dari kebutuhan topeng kayu untuk lakon-lakon dalam seni tari Topeng Panji yang berkembang di dusun ini sejak sekitar 1960. Tarian Panji itu berkembang yang membuat kebutuhan akan topeng juga bertambah. Tari Panji konon diciptakan Sunan Kalijaga sebagai media dakwah. Tarian ini juga masih dipentaskan untuk menghibur pengunjung yang datang.
Bentuk topeng sangat  khas karena mirip dengan penggambaran tokoh wayang purwa yang matanya tertarik ke atas dengan hidung lancip, motif batik yang mendasari pewarnaan topeng menambah nilai keindahan topeng. Dari tahun ke tahun akhirnya daerah ini berkembang sebagai sentra kerajinan batik kayu. Bukan hanya topeng yang diproduksi,tetapi berbagai bentuk kerajinan lain. Hingga pada akhirnya, saat ini warga yang semua menjadi petani sejak pertengahan 1980-an masyarakat mulai bergeser menjadi perajin. Kerajinan batik kayu dari Bobung sudah menembus dunia.
Sebagaimana yang dijelaskan dalam keterangan situs Desa Wisata Bobung, saat ini kerajinan batik kayu di Bobung sudah berkembang. Modelnya pun tidak terbatas pada bentuk topeng klasik. Berbagai model binatang seperti gajah, kuda, dan lain sebagainya juga diproduksi.
Fasilitas yang dimiliki oleh Desa Wisata Bobung ini juga relatif lengkap. Fasilitas yang ada diantaranya adalah tempat parkir yang luas dan kamar mandi umum. Wisatawan juga dapat menyaksikan langsung proses pembuatan topeng - topeng kayu di bengkel kerja para pengerajin. Lokasi tersebut juga dilengkapi dengan t ruang gallery / ruang pameran dimana kita bisa melihat produk -produk hasil kerajinan tangan para pengerajin. Tersedia juga home visit yang diperuntukan bagi wisatawan yg ingin belajar membuat topeng kayu.
Akses menuju lokasi Desa Wisata bobung ini sangatlah mudah. Karena lokasi berdekatan dengan jalan utama Jogja-Wonosari, maka kondisi jalan telah halus di aspal serta sering dilewati kendaraan umum. Wisatawan dapat memanfaatkan kendaraan umum tersebut maupun menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.
Dari tahun ke tahun, hasil kreatifitas masyarakat Bobung semakin dikenal luas. Kini, mereka tidak hanya menghasilkan topeng kayu saja, namun merembet ke produk lain seperti patung, gelang, peralatan rumah tangga dan hiasan ruangan. Pewarnaannya pun ada yang dilukis menggunakan cat atau dibatik menggunakan canting dan lilin, sama persis seperti orang membatik sebuah kain.
Bayangkan, tiap tahun mereka mampu memproduksi sebanyak 80.000 – 90.000 barang yang didistribusikan tidak hanya di dalam negeri saja, namun juga diekspor ke Asia, Eropa, Amerika hingga ke Benua Afrika. Weeewww, omzetnyapun gak main-main, sekitar 3 milyar Rupiah per tahun!


Jika kalian berkunjung ke Gunungkidul, tidak ada salahnya mampir ke desa ini. Melihat dari dekat bagaimana membuat sebuah kerajinan kayu, topeng pada khususnya. Dari mulai memotong bongkahan kayu, memahat, membuat motif, pewarnaan hingga menjadi sebuah produk yang bernilai jual tinggi.


Kata kunci pencarian : Pantai Kukup Gunungkidul Indonesia
Pantai Kukup gunungkidul
pantai kukup
pantai di gunungkidul
gunungkidul beach
indonesia beach
wisata di gunungkidul
wisata pantai di gunungkidul
Gunungkidul Information Tourism Center
Tempat wisata di gunungkidul
visit gunungkidul
visiting gunungkidul
berkunjung ke gunungkidul
Tinggalkan komentar di facebook Visit Gunungkidul :

1 comments:


.:[Close]:.

Translate

Like VG

Popular Posts

Powered by Blogger.